Rabu, 26 Desember 2012

Berkontemplasi Di Akhir Tahun 2012


            By: TNC

             Menjelang Tahun baru, sudah sewajarnya umumnya manusia ingin merayakan datangnya tahun baru dengan kegembiraan dan kemeriahan. Hanya manusia yang tidak mau merugi akan meluangkan waktunya untuk berhenti sejenak berpikir, menganalisa dan merencanakan sisa hidup yang kian menipis.

           1 tahun, 12 bulan , 365 hari telah dilewati dengan sesuatu yang sangat berharga. Masing-masing mempunyai standar nilai keberhargaan itu menurut visi dan misi menjalani kehidupan ini. Secara umum bagi umat yang beragama, bahwa tujuan hidup bisa dipilah menjadi 2 yaitu dunia dan akherat. Oleh karenanya marilah kita mencoba membuat parameter pencapain dalam setahun ini dengan 2 kerangka besar DUNIA dan AKHERAT.


DUNIA
            
          Pencapaian dunia lebih ke arah rasionalistic dan materialistic. Kesejahteraan, kekayaan, kedudukan dan kesuksesan merupakan beberapa contoh kecil dari pencapaian dunia. Keberhasilan kehidupan di dunia lebih dilihat dari sebuah pencapain yang kasat mata, meski beberapa orang tidak menyetujuinya. Agar lebih mudah dalam membuat alat ukur marilah kita pilah – pilah menjadi beberapa kelompok sebagai berikut :

NO
Kategori
Kurang
Cukup
Baik
Baik Sekali
Keterangan
1
Kesuksesan & Kebahagiaan Keluarga.



Jarang cekcok
2
Kesuksesan Karier



Nggak ada kasus
3
Pencapaian Materi



-Cicilan masih ada
-Mobil baru
-Invest bertambah
-Belum punya passive income
4
Kesehatan



2 x sakit

TOTAL





             Tabel diatas hanya sebatas contoh , dimana anda dapat mengembangkan lebih lengkap dan lebih detail. Karena sesungguhnya semakin lengkap dan detail akan lebih dapat diketahui mana titik lemah dan titik unggul kehidupan kita. Jangan lupa diakhir table harus ada hasil akhir dari pencapaian kita selama satu tahun terkhir ini.

AKHERAT

            Di lain pihak jangan lupa kita juga memikirkan investasi AMAL dan DOSA apa yang sudah kita tabung selama 1 tahun ini. Untuk bisa melihat sisa saldo tersebut mari kita juga buat tabelnya.

NO
Kriteria
Kurang
Cukup
Baik
Baik Sekali
Keterangan

AMAL





1
Shodaqoh




2
Puasa




3
Shalat/Ibadah/Sembahyang





TOTAL AMAL





DOSA





1
ZINA




2
KORUPSI




3
BOHONG




4
DZALIM





DLL…..





TOTAL DOSA





TOTAL AKHIR





  
            Isi table sejujurnya, sesuai dengan kenyataan. Karena hanya Tuhan dan kita yang tahu, no one else know that. Tidak perlu malu karena memang itulah pencapaian kita selama satu tahun ini. Mari kita ingat bahwa investasi kita untuk akherat jangan mau kalah dengan investasi kehidupan dunia kita lo……..amin…amin YRA…

            Nah …bila kita sudah isi keduanya maka mari kita pandang secara berulang-ulang agar kita dapat berkontemplasi di akhir tahun ini.. Semoga Tahun depan akan lebih baek dari tahun ini. “Waktu” adalah investasi terbesar dalam hidup kita……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar