Senin, 09 Desember 2013

Meneladani Kepemimpinan Nelson Mandela

by: TNC

       Di saat Nelson Mandela wafat begitu banyak ungkapan apresiasi masyarakat Internasional mengenang semua jasa dan keteladanan sosok yang berjuang tiada henti memperjuangkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Nilai pengorbanan yang menonjol dari seorang sosok manusia yang memaknai hidup dengan penuh perjuangan. Berikut adalah 4 dari “15 of Nelson Mandela’s best quotes yang dilansir oleh USA today news.”  Mencoba memahami kata-kata bijak tersebut dalam aplikasi dunia kita nampaknya akan menambah senyum damai almarhum di dunia yang fana.

1.         “It always seems impossible until it’s done”.

           Banyak orang menyerah dan mengeluh untuk berjuang sebelum melakukan sesuatu. Banyak orang pesimis terhadap masa depan organisasi yang sedang kita geluti karena banyaknya hal yang tidak sesuai dengan prinsip hidup kita. Nelson Mandela mampu mengubah negara dengan segala perjuangan dan pengorbanannya. Bukan hal yang tidak mungkin untuk mengubah organisasi sebelum kita berbuat.

2.         “Real  leaders must be ready to sacrifice all for the freedom of their people”.

            Mandela siap berkorban untuk kebebasan rakyat pengikutnya. Pemimpin sejati selalu siap berkorban untuk anak buah. Bukan mencari penghasilan yang paling banyak, bukan dilayani dengan segala kemewahan namun sebaliknya pemimpin sejati adalah yang paling banyak melayani anak buah. Meskipun terkesan membual, namun sejatinya pemimpin dibentuk untuk itu karena balasan di akherat akan lebih menjanjikan daripada balasan bergelimang harta di saat purna.

3.         “Education is the most powerful weapon which you can use to change the world”
            Memperbaiki organisasi adalah pekerjaan yang kecil bila dibandingkan perjuangan Mandela merubah negara. Pendidikan ternyata adalah senjata yang paling ampuh untuk memajukan organisasi. Sehingga melalui pendidikan lah organisasi ini bisa menjadi besar dan mampu menjadi “the first class air force in the world.”   
      
4.         “A good head and good heart are always a formidable combination”.

            Perpaduan antara kecerdasan Intelektual ,kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional merupakan kombinasi yang luar biasa bagi seorang pemimpin sejati. Keseimbangan antara akal dan hati mencerminkan kematangan dan kestabilan seorang pemimpin di masa ini. Banyak orang yang pinter namun tidak berhati mulia, demikian juga sebaliknya banyak yang berhati mulia namun tidak pinter.


            Kita menyadari bahwa manusia tiada yang sempurna, karena kesempurnaan itu bukanlah milik manusia. Namun demikian mari kita gunakan hati dan pikiran kita untuk menjadi seorang pemimpin yang berkarakter guna mencari ridlo Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar